Laman

10 Februari 2009

DAUN JINTAN

Jintan
(Plectranthus amboinicus (L.) Spreng.)

Tanaman ini juga disebut Coleus ambonicus Lour. Daun Jintan bentuknya lonjong bergerigi dan tebal. Warnanya hijau muda. Ukuran daun jintan kira-kira 4 x 5 cm. Karena bentuknya yang tebal,orang suka menyebutnya dengan "daun tebal". Bahkan sebagian orang Jawa menyebut daun jintan ini dengan sebutan "daun Kucing".

Batang tanaman Jintan beruas-ruas dan bisa di kembang biakkan dengan cara stek. Tanaman jintan ini bisa tumbuh di pot maupun di tanah bebas.

Walaupun tanaman ini namanya jintan, tapi tanaman daun jintan ini bukan berasal dari tanaman Jintan hitam (Nigela sativa L.) maupun Jintan Putih ( Cuminum cyminum L.). Juga bukan dari Jintan Manis (Pimpinella anisum L.).

Yang di ambil manfaatnya dari tanaman ini adalah daunnya.

Kandungan dan manfaat daun jintan.

Daun jintan mengandung minyak atsiri yang selain membuat daun ini punya khasiat juga menjadikan daun jintan ini terasa pedas. Daun jintan bersifat menawarkan nyeri dan membersihkan darah.

Untuk Obat Batuk

Caranya ambil 7 helai daun Jintan dan di cuci,direbus dengan segelas air sampai tinggal setengahnya. Air rebusan ini diminum pagi dan sore hari.


Untuk mengobati sakit perut kembung atau sariawan.
Caranya ambil 7 helai daun jintan di cuci lalu di kunyah-kunyah dan airnya ditelan ampasnya di buang.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar