Laman

22 Februari 2009

MENGKUDU

Mengkudu
(Morinda citrifolia L.)

Di Jawa tanaman ini di namai dengan sebutan Pace. Tanaman liar khas Indonesia ini tingginya bisa mencapai 3 - 8 meter lebih. Daun mengkudu ( Pace ) tebal dan lebar, letaknya saling berhadapan. Bunga tanaman ini bentuknya kecil-kecil dan wrnanya putih. Buah mengkudu (pace) berwarna hijau dan lama kelamaan berubah menjadi kuning. Kulit luar buah Mengkudu (pace) ini bertutul-tutul dan mengeluarkan aroma yang tidak enak.

Kandungan dan manfaat buah Mengkudu.

Buah mengkudu (pace) mengandung metil asetil ester, yang berfungsi untuk membunuh kuman. Selain itu, senyawa moridon-nya berkhasiat sebagai obat pencahar, sedangkan senyawa soranjidiol-nya berguna untuk melancarkan keluarnya air seni. Mengkudu (Pace) juga berkhasiat untuk mengobati penyakit cacingan.

Contoh penyakit yang bisa di obati dengan buah Mengkudu ( Pace ).

Cacing Gelang dan Melancarkan Air Seni.

Caranya : 2 buah mengkudu (pace) yang sudah matang di cuci lalu di parut. Beri satu sendok makan garam dapur. Peras dengan kain yang bersih. Air perasan ini di munum 3 kali sehari.

Diabetes dan Radang Tenggorok ( amandel )

Beberapa helai daun mengkudu di cuci lalu direbus sampai matang. Gunakan rebusan daun mengkudu ini sebagai lalapan sewaktu makan nasi.
Untuk radang tenggorokan dan amandel di tambah dengan berkumur menggunakan air bekas rebusan daun mengkudu (pace) tadi setiap setengah jam sekali.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar