Laman

19 Maret 2009

BAWANG PUTIH

Bawang Putih
(Allium sativum L.)

Bawang putih adalah herba semusim berumpun yang tingginya sekitar 60 cm. Berbatang semu yang warnanya hijau. Bagian bawahnya bersiung-siung dan menyatu menjadi umbi besar yang berwarna putih. Setiap siung terbungkus oleh kulit tipis dan kalau diiris mengeluarkan bau yang sangat tajam. Bawang putih berakar serabut dan daunnya pipih memanjang.

Kandungan dan manfaat bawang putih.

Bawang putih mengandung minyak atsiri yang bersifat antibakteri,juga antiseptik. Kandungan allicin dan aliin berkaitan dengan daya antikolesterol. Daya ini mencegah penyakit jantung koroner,tekanan darah tinggi dan lain sebagainya.

Bawang putih juga mengandung kalium dan bersifat menenangkan,sehingga cocok sebagai pencegah hipertensi. Bawang putih juga memiliki senyawa kimia,saltivine,yang bisa mempercepat pertumbuhan saraf. Ia juga mengandung diallysulfide yang anticacing.

Khasiat Bawang Putih.

1.Hipertensi.

Caranya, Bawang putih dibakar sampai matang, lalu dimakan. Dua hari pertama makan 6 siung, selanjutnya selama seminggu makan 2 siung tiap harinya.

2. Cacingan.

3 siung bawang putih dikupas, dicuci. Kunyah sampai halus, telan dan minum air hangat. Lakukan 1 - 2x sehari.

3.Batuk Rejan Dan Bronchitis

30 gram bawang putih dikupas, dicuci dan dilumatkan. Campur dengan gula batu dan segelas air matang. Diamkan selama 5-6 jam. Minum 1 sendok makan penuh setiap hari selama beberapa hari.

4. Migrain

2 siung bawang putih, dikupas dan dicuci. Kunyah perlahan sampai lumat lalu telan dan minum air hangat. Lakukan 2x sehari.

5.Digigit serangga beracun

6 siung bawang putih dikupas, dicuci dan dilumatkan. Oleskan bagian yang disengat. Balut.

6. Mengeluarkan serpihan kaca,kayu dan duri

Bawang putih dikupas,dicuci dan dilumatkan. Tempelkan pada bagian yang kemasukan serpihan kaca, kayu ataupun duri.

7. Cantengan

Cuci 2 siung bawang putih yang sudah dikupas dan 2 biji kemiri. Lumatkan dan beri garam dapur. Tempelkan pada kuku yang bengkak,balut. Ganti sehari 2x,pagi dan sore hari.

8.Luka kena benda tajam berkarat

Bawang putih dikupas, dicuci lalu di bakar. Celupkan kedalam minyak kelapa, lalu lumatkan. Oleskan pada bagian yang luka.

Catatan :

Ada sebagian masyarakat yang berpendapat,sebaiknya bawang putih tidak dimakan mentah. Karena dapat mengganggu lambung. Dianjurkan agar bawang putih direbus, digoreng atau di panggang terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar