Laman

02 Maret 2009

KENANGA

Kenanga
(Canangium odoranatum)

Kenanga termasuk tumbuhan yang berbatang besar. Bahkan ketinggiannya bisa mencapai antara 5 - 10 meter. Tumbuhan ini waktu berusia muda, dahannya mudah patah (getas). Gampang pertumbuhannya, terutama di dataran rendah 25 - 1000 mdpl.

Yang paling banyak diambil manfaatnya adalah bunganya yang kuning dan wangi khas. Bunga kenanga ini muncul pada batang pohon atau di rantingnya. Susunan bunga kenanga sangat spesifik, sekuntum kenanga terdiri dari 6 lembar daun dengan mahkota berwarna kuning serta tiga daun yang hijau kecil-kecil.

Khasiat kenanga bisa untuk mengobati berbagai macam jenis penyakit. Contohnya :

1. Malaria.

Caranya, ambil sekitar 15 gram bunga kenanga. Lalu diseduh dengan air masak yang masih panas. Tutup rapat sampai saripati bunga kenanga larut. Saring dan diminum dalam keadaan masih hangat-hangat kuku.

2. Sakit kepala.

Bunga kenanga 15 gram dan jahe juga 15 gram. Jahe diiris-iris tipis, rebus bersama bunga kenanga dengan 1 gelas air. Setelah mendidih dan air tinggal setengah, angkat dan diamkan. Hangat-hangat kuku diminum.

3. Bau badan.

Nyaris sama dengan resep diatas, 15 gram bunga kenanga direbus dengan 1,5 gelas air. Campurkan gula batu secukupnya, tunggu sampai mendidih dan air tersisa setengah. Diminum hangat-hangat kuku. Lakukan rutin setiap hari.

4. Keputihan.

Kenanga 30 gram, kulit delima kering 30 gram. Rebus kedua bahan ini menggunakan 1,5 gelas air sampai air tinggal setengah. Saring lalu diminum setelah dingin. Ramuan ini untuk 2x minum dalam sehari, pagi dan sore.

5. Sesak nafas (asma)

Bunga kenanga 15 gram, kulit semangka kering 15 gram. Rebus dengan segelas air sampai air sisa setengah. Saring dan minum setelah dingin 2x sehari.
Atau bisa juga kenanga direbus dengan 200 cc dan campuri dengan satu sendok makan gula pasir.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar