Laman

02 Maret 2009

SINGKONG

Singkong
(Manihot utilissima)

Singkong identik sebagai makanan rakyat. Tanaman yang paling mudah perkembangbiakannya ini gampang kita jumpai di sekitar kita. Biasanya pohon singkong ditanam dikebun, ladang atau sebagai pagar. Perbanyakan tanaman ini dengan cara stek dari batang pohonnya yang sudah tua.

Kandungan dan Manfaat Singkong.

Efek farmalogis dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor dan penambah nafsu makan. Bagian yang sering dimanfaatkan dari tanaman ini adalah umbi singkong dan daunnya.

Umbi singkong mengandung kalori, protein, lemak, hidratarang, kalsium, fosfor, zat besi, vitamin B dan C serta amilum.
Daun singkong memiliki kandungan vitamin A, B1 dan C, kalsium, kalori, fosfor, protein, lemak, hidratarang dan zat besi.
Sedangkan kulit singkong mengandung tanin, enzim perioksidase, glikosida dan kalsium oksalat.

Selain itu, singkong juga mempunyai khasiat untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit. Antara lain:

1.Reumatik (encok).

Caranya sebatang singkong dikupas, dicuci. Rebus dengan 2 gelas air. Campurkan sebatang sereh dan 15 gram jahe. Tunggu sampai air mendidih dan tersisa setengah. Saring. Minum ramuan ini sehari 2x pagi dan sore hari.

Atau bisa juga dengan cara menggunakan: 5 lembar daun singkong, 15 gram jahe merah dan kapur sirih secukupnya. Semua bahan ditumbuk jadi satu sampai halus. Oleskan pada bagian tubuh yang terserang encok (rematik).

2. Penglihatan Kabur.

Ambil daun singkong secukupnya, lalu rebus dengan campuran bumbu garam dan bawang putih. Gunakan sayur bening ini untuk teman makan nasi setiap hari.

3. Diare.

7 lembar daun singkong direbus dengan 2 gelas air sampai sisa setengah. Saring dan minum airnya. Ramuan ini untuk 2x minum, pagi dan sore hari @ setengah gelas.

4. Kulit melepuh karena terkena benda panas.

Sebatang singkong dikupas, cuci, lalu diparut. Peras. Setelah terkumpul air perasan singkong, kemudian air ini diamkan sampai tepung pati-nya mengendap kebawah. Lalu gunakan pati basah ini untuk obat oles pada bagian tubuh yang kulitnya melepuh atau luka .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar