Laman

27 Februari 2009

KEMBANG ESOK SORE

Kembang Pukul Empat
( Mirabillis jalapa L. )


Orang Jawa ada yang menyebutnya dengan nama Kembang Esok Sore. Karena tanaman hias yang asalnya dari Amerika Selatan ini mempunyai ciri khas yang unik, yakni bunganya hanya mekar pada waktu sore dan pagi hari saja.

Tanaman hias ini tingginya rata-rata 20 - 80 cm. Daunnya berbentuk jantung dan warnanya hijau tua. Bunganya berbentuk terompet, ada yang berwarna merah, kuning, dan putih. Buah atau biji tanaman ini berwarna hitam bentuknya bulat kecil dan keras. Isi dari biji tanaman ini warnanya putih.
Perkembangbiakan bisa melalui penyebaran biji.

Kandungan dan Khasiat Kembang Pukul Empat.

Tanaman ini manis, memberi rasa sejuk dan memperlancar sirkulasi darah. Daun bunga ini bisa untuk mempercepat matangnya bisul.

Untuk mengobati bisul

Caranya : 10 - 12 helai daun kembang pukul empat di cuci, lalu di beri garam secukupnya. Kemudian tempelkan pada bagian tubuh yang terkena bisul dan balut pakai perban atau kain yang steril. Ganti setiap pagi dan sore hari.

Untuk obat jerawat

Caranya : Biji kembang pukul empat di ambil isinya yang berupa tepung bedak. Campurkan sedikit air, kemudian oleskan pada bagian wajah yang berjerawat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar