Laman

27 Februari 2009

SAMBILOTO

Sambiloto
( Andrigraphis paniculata Ness. )

Tanaman semak yang banyak cabangnya ini tingginya bisa mencapai 90 cm. Bunga sambiloto bentuknya kecil dan berwarna putih. Sambiloto memiliki bentuk daun yang kecil-kecil oval dan meruncing di bagian ujungnya.

Perkembang biakan tanaman ini bisa melalui biji maupun dengan cara stek. Bisa tumbuh di tanah bebas maupun sebagai tanaman hias di pot-pot.

Kandungan dan Khasiat Sambiloto.

Daun sambiloto mengandung minyak atsiri yang bermanfaat sebagai antiradang. Selain itu, juga mengandung zat andrographolid yang rasanya pahit, alkaloid dan juga kalium.

Daun sambiloto bersifat anti-platelet aggregasi sehingga mencegah terjadinya penggumpalan darah hingga tidak terjadi radang. Sedangkan kadar kaliumnya yang tinggi membantu tubuh mengeluarkan air dan garam sehingga menurunkan tekanan darah.

Contoh penyakit yang bisa di obati dengan tanaman sambiloto :

Radang Usus Buntu : 20 helai daun sambiloto di cuci bersih, kemudian di seduh dengan setengah gelas air panas. Setelah dingin di minum sekali sehari.

Diabetes dan prostat : 25 helai daun sambiloto dan 25 helai daun kumis kucing di rebus dengan 2 gelas air sampai airnya tersisa setengah. Setelah dingin minum sekaligus. Minum sehari sekali.

Hepatitis : 20 - 25 helai daun sambiloto kering di cuci, direbus dengan setengah air sampai airnya tersisa setengah. Minum ramuan ini 2 kali sehari.

Hipertensi : Setengah genggam daun sambiloto segar di cuci bersih lalu direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih dan air tinggal setengah. Minum ramuan ini 2 kali sehari .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar