Laman

22 Februari 2009

KUNYIT

Kunyit
( Curcuma Domestica Val. )

Tanaman ini bebatang semu, agak lunak. Daun tanaman kunyit mirip dengan daun pisang. Daun dan rimpangnya sering di pakai sebagai obat dan bumbu dapur. Tanaman kunyit biasanya tumbuh subur di kebun-kebun. Tapi bisa juga di tanam di pot sebagai tanaman hias.

Kandungan dan Manfaat.

Kandungan kurkumin pada kunyit berkhasiat mematikan kuman dan menghilangkan rasa kembung, karena dinding kantung empedu di rangsang lebih giat untuk mengeluarkan cairan pemecah lemak.
Minyak atsiri pada kunyit mengurangi gerak usus yang kuat sehingga mampu mencegah diare. Selain itu, kunyit juga bisa untuk merdakan batuk dan antikejang.

Pengobatan dengan Kunyit.

Sakit Maag

Seibu jari rimpang kunyit di cuci lalu di parut. Parutannya kemudian di beri sedikit air dan di peras. Minum 2 kali sehari, pagi sebelum sarapan dan malam sebelum tidur.

Jerawat

Cuci dan iris halus seibu jari kunyit. Seduh dengan segelas air panas. Tambahkan satu sendok teh gula pasir. Minum air kunyit ini dengan tapai singkong setiap hari.

Anemia

Setelunjuk jari kunyit di cuci dan di parut. Beri sedikit air lalu di peras.
Tambahkan ke air perasan kunyit ini telur ayam kampung yang sudah di kocok terlebih dahulu dan juga sedikit madu. Aduk sampai benar-benar rata dan minum dua kali sehari.

Amandel

Seibu jari kunyit di parut lalu diseduh dengan segelas air. Beri sedikit perasan air jeruk nipis dan satu sendok makan madu. Minum sekali sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar