Laman

22 Februari 2009

KELAPA HIJAU

Kelapa Hijau
( Cocos nucifera, L. )

Pohon kelapa termasuk jenis palma yang biasa tumbuh subur di daerah pesisir pantai. Batang pohon kelapa berbentuk ramping, bulat dan lurus menjulang keatas. Pohon kelapa bisa mencapai ketinggian sampai 13-15 meter. Tidak bercabang dan daunnya berpelepah yang panjangnya bisa mencapai 2-3 meter.

Buah kelapa yang bulat ini rata-rata berdiameter sekitar 25 cm. Buah kelapa bersabut tebal dan memiliki batok yang keras. Berisi air dan mengandung daging tebal yang bersantan.

Kegunaan Dan Manfaat Kelapa.

Air kelapa hijau, terutama buahnya yang masih agak muda mengandung glukosa, sakarosa, fluktosa, sukrosa mineral dan asam amino. Kandungan zat kimianya berupa enzim yang mampu mengurai sifat racun.

Penyakit yang bisa di obati dengan kelapa hijau, antara lain :

Kencing Batu.

Caranya : Sebuah kelapa hijau di kupas sampai mendekati batoknya, lubangi atasnya sebesar 5 - 6 cm. Bakar di atas api sampai mendidih. Setelah dingin baru di minum sekaligus. Lakukan sehari satu kali.

Sukar Tidur.

Ambil 5 potong akar pohon kelapa hijau @ 4 cm, dicuci lalu di potong-potong. Rebus dengan segelas air sampai airnya sisa setengah. Saring dan minum setengah cairan itu sebelum tidur.

Kolera.

Sebuah kelapa hijau di potong bagian atas dan bawahnya. Lubangi atasnya. Panaskan di atas api sampai mendidih selama 10 menit. Setelah dingin minum airnya dua kali sehari.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar