Laman

16 Februari 2009

LIDAH BUAYA

Lidah Buaya
(Aloe vera L.)

Tanaman ini tumbuh liar di tempat yang berudara panas. Tapi kebanyakan lidah buaya di tanam sebagai tanaman hias baik di pot-pot maupun di pekarangan halaman rumah. Daun lidah buaya meruncing berbentuk taji. Tebalnya kira-kira 1 centi. Bagian dalam lidah buaya berwarna putih bening. Daun lidah buaya getas dan bagian tepinya bergerigi.
Lidah buaya ini panjangnya bisa mencapai 30 centi.
Yang bisa di ambil manfaat untuk pengobatan dari lidah buaya ini adalah bagian daun dan akarnya.

Kandungan Dan Manfaat Lidah Buaya.

Lidah buaya mengandung saponin yang mempunyai kemampuan membunuh kuman, serta senyawa antrakuinon dan kuinon sebagai antibiotik dan penghilang rasa sakit. Ia juga besifat merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit.

Dalam gel lidah buaya terkandung lignin yang mampu menembus dan meresap kedalam kulit. Sehingga gel bisa menahan hilangnya cairan tubuh dari permukaan kulit. Akibatnya, kulit menjadi tidak cepat kering.

Lidah buaya sangat populer sebagai tanaman obat penyubur rambut. Dengan cara menggosok-gosokkan bagian isi lidah buaya pada rambut yang sudah di keramas terlebih dahulu. Kemudian di tutup pakai kain atau handuk selama semalam. Pagi harinya baru di bilas. Insya Allah kalau hal ini rutin di lakukan selama tiga bulan, kepala yang nyaris botak akan kembali berambut hitam indah.

Lidah buaya juga bisa untuk mengobati penyakit cacingan. Caranya akar lidah buaya di cuci dan di jemur sampai kering. Rebus dengan segelas air sampai airnya tinggal setengah. Diminum sekaligus.

Untuk mengobati radang tenggorokan, caranya 1 daun lidah buaya di cuci dan di kupas. Isinya di potong-potong atau di blender. Campurkan madu murni dan minum 3 kali sehari.

Lidah buaya bisa juga di gunakan untuk mengobati luka bakar atau kulit tersiram air panas. Caranya daun lidah buaya dicuci bersih dan di kupas. Tempelkan bagian dalamnya pada kulit yang terkena api atau kesiram air panas.

Peringatan.

Jangan di gunakan oleh wanita yang sedang hamil.
Daun lidah buaya yang dikupas,segera berubah warna menjadi kecoklatan serta mencair kalau terkena udara. Jadi untuk pengobatan luka terbuka harus di lakukan secepatnya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar