Laman

16 Februari 2009

JAMBU KLUTUK


Jambu Klutuk
(Psidium guajava Linn.)

Jambu klutuk sering juga di sebut jambu biji. Tanaman perdu ini bercabang banyak dan beranting. Pohon jambu batangnya keras. Bunganya kecil-kecil berwarna putih. Biasanya buahnya berwarna hijau kekuningan dan daging buanya penuh dengan biji.

Kandungan dan Manfaat Jambu Klutuk.

Daun jambu klutuk mengandung tanin yang bersifat astringent yang bermanfaat sebagai antidiare. Selain itu, juga mengurangi kontraksi usus sehingga menghentikan diare.
Daun jambu klutuk juga mengandung minyak atsiri yang antara lain zat avikularin dan guaijaverin yang sifatnya antibakteri.

Buah jambu klutuk mengandung vitamin C sehingga bisa untuk membantu menyembuhkan penyakit. Kandungan pektin pada buah jambu klutuk bisa untuk menurunkan kolesterol.

Untuk mengobati diare, caranya ambil 6 helai daun jambu klutuk dan di cuci bersih lalu di tumbuk sambil di beri 1 cangkir air matang. Peras kemudian airnya di minum 2 kali sehari.

Cara yang paling gampang untuk mengobati diare dengan daun jambu, ambil tiga pucuk daun jambu yang masih berwarna putih kekuningan. Lalu kunyah dan telan ampasnya.

Minim rebusan daun jambu klutuk juga bisa untuk menghilangkan penyakit magh dan juga sariawan.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar