Laman

22 Februari 2009

PEGAGAN

Pegagan
(Centella asiatica Urban)

Tanaman pegagan ini tumbuhnya merayap dan biasanya tumbuh liar di tempat-tempat yang basah. Namun ada juga yang sengaja menanamnya untuk hiasan ataupun untuk kebutuhan obat-obatan keluarga.

Pegagan di kenal juga dengan sebutan Tapak Kuda, Antanan Gede. Orang-orang kampungku di desa Kuta Kecamatan Belik menyebutnya dengan tanaman Goang. Tanaman ini gampang di temui di pematang sawah maupun di tumpukan daun-daun di kebun-kebun.

Daun pegagan (tapak kuda) ini bentuknya bundar berhelai tunggal, berbentuk ginjal. Bagian tepi daunnya bergerigi dan berbuah yang bentuknya kecil-kecil seperti buni, lonjong dan agak wangi.

Kandungan Dan Manfaat Pegagan.

Pegagan memiliki senyawa asiaticosida, antilepra yang juga berguna sebagai penyembuh luka, radang tenggorokan, perut dan juga usus. Selain itu Pegagan juga bersifat manis, mendinginkan, membersihkan darah dan melancarkan peredaran darah.

Tanaman Pegagan (Tapak Kuda) ini kaya akan mineral seperti garam-garam kalium, magnesium,kalsium dan besi. Pegagan juga menganduntg zat tanin yang besar kemungkinan bisa untuk mengobati radang usus dan sakit perut.

Contoh penyakit yang bisa di obati dengan bahan tanaman Pegagan (Tapak Kuda).

Lepra.

Caranya : Segenggam pegagan segar di cuci bersih. Rebus dengan 2 gelas air sampai menjadi 3/4 gelas. Minum air rebusan ini 3 kali 3/4 gelas sehari.

Hipertensi.

20 helai daun pegagan segar di cuci dan direbus dengan 2 gelas air sampai tersisa 3/4 gelas. Kemudian di saring dan minum tiga kali sehari @ 3/4 gelas.

Melancarkan Air Seni.

Segenggam daun pegagan di cuci, dilumatkan dan tempelkan pada gaian pusar.

Demam Yang Tidak Jelas Sebabnya.

Segenggam penuh daun pegagan di cuci bersih lalu di lumatkan. Beri 1/2 gelas air dan saring. Tambahkan sedikit garam. Minum di waktu pagi hari sebelum sarapan.

Campak.

2 genggam daun pegagan segar di cuci, direbus dengan 2 gelas air sampai airnya tinggal 1 gelas. Minum sehari sekali sampai sembuh.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar