Laman

22 Februari 2009

SOSOR BEBEK

Sosor Bebek
( Kalanchoe pinnata Pers. )

Sosor bebek ini termasuk jenis tanaman hias yang paling mudah cara pengembang biakannya. Tinggal petik satu helai daunnya lalu letakkan di tanah,tusuk pakai lidi supaya tidak bergeser. Dalam waktu 4 hari dari bagian pinggir daun ini akan muncul tunas-tunas baru sosor bebek.
Tanaman ini tingginya bisa mencapai 3 meter. Tapi yang umum hanya sekitar 70 centinan saja. Daun sosor bebek bentuknya bulat lonjong dan tebal serta di bagian tepinya bergelombang. Daun sosor bebek juga mengandung air.

Kandungan & Manfaat

Tanaman yang banyak mengandung air ini bersifat mendinginkan. Sosor bebek berkhasiat sebagai obat luar,yaitu untuk menyembuhkan luka.

Contohnya :

Bisul

6 helai daun sosor bebek di cuci lalu di tumbuk sampai halus, beri garam dan sedikit air. Borehkan ramuan ini pada bagian yang terkena bisul dan sekelilingnya kemudian di balut. Ganti dua kali sehari sampai sembuh.

Kepala Pusing ( Vertigo)

10 helai daun sosor bebek di cuci bersih, tumbuk halus dan bubuhi dengan air garam secukupnya. Gunakan ramuan ini untuk menggosok dahi dan pelipis 2 kali sehari.
Untuk menyembuhkan sakit kepala : Daun sosor bebek di tumbuk halus kemudian tempelkan di kening.

Demam

5 helai daun sosor bebek di cuci lalu di tumbuk halus dan beri sedikit air. Borehkan pada perut si penderita demam.

Sosor bebek juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit wasir (ambaien).
Baca selengkapnya di Ramuan Pengobatan Tradisional. http://asriws.blogspot.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar