Laman

20 Maret 2009

BAWANG MERAH

Bawang Merah
(Allium cepa L.)

Bawang merah sering pula disebut berambang. Umbi lapis berwarna keungu-unguan itu berbau tajam. Tanaman semusim yang tidak berbatang itu daunnya hijau panjang, berbentuk tabung yang ujungnya meruncing. Baik umbi maupun daunnya sehari-hari sering dipakai untuk mengharumkan dan menyedapkan berbagai makanan. Namun bawang merah juga sering dimanfaatkan dalam pelbagai jenis ramuan obat tradisional.

Kandungan dan manfaat bawang merah.

Karena mengandung flavonglikosida, ia dianggap antiradang, pembunuh bakteri. Sedangkan kandungan saponinnya mengencerkan dahak. Bawang merah juga memiliki sejumlah zat lain yang berkhasiat menurunkan panas, menghangatkan, memudahkan keluarnya angin dari perut, melancarkan buang air kecil, mencegah penggumpalan darah, menurunkan kolesterol dan kadar gula dalam darah. Bahkan bawang merah juga dipercaya bisa mencegah kanker karena kandungan sulfurnya.

Khasiat bawang merah.

1.Demam pada anak.

Kupaslah 3 siung bawang merah, cuci dan parut. Ambil 2 sendok makan minyak goreng,
1/2 sdm minyak kayu putih, seiris jeruk nipis diambil airnya. Semua bahan dicampur. Gosokkan ke ketiak, punggung dan perut.

Kalau panasnya terlalu tinggi, gosokkan kekepala, ketiak dan semua lipatan badan, juga ke perut, telapak kaki dan bagian-bagian badan yang terasa panas kalau dipegang.

2. Kutu air / kaki rangen.

3 siung bawang merah dikupas, dicuci, diparut. Campur dengan 1 sendok makan minyak kelapa, lalu didihkan. Hangat-hangat oleskan ke sela-sela jari yang gatal. Kaki hendaknya dicuci terlebih dahulu dengan air hangat dan keringkan. Hindari tempat becek dan kaki basah.

3. Payudara bengkak/mastitis.

5 siung bawang merah dikupas, dicuci dengan air hangat lalu diparut. Kemudian tempelkan ke payudara, tetapi jangan terkena putingnya.

4.Kerokan.

2 siung bawang merah dikupas, dicuci lalu diparut. Campurkan dengan 2 sendok makan minyak goreng.

Untuk kerokan pada anak-anak. 1 siung bawang merah dikupas, dicuci, dipotong jadi 2 bagian, lalu digosok-gosokkan kekulit sianak, seperti kita sedang mengerok.

5. Masuk angin.

5 siung bawang merah dikupas, dicuci dan diparut. 1 sendok makan air larutan kapur sirih (kapur sirihnya cukup seujung jari kelingking), dicampur. Digosokkan keperut, punggung, tengkuk dan kaki.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar