Laman

20 Maret 2009

MELATI

Melati
(Jasminum sambac Ait.)

Melati sebenarnya termasuk golongan tanaman perdu berkayu,tapi tingginya bisa mencapai 3 meteran. Bahkan kalau diliarkan, tanaman ini bisa merambat dan memanjat ke dinding sekalipun. Bunganya putih bersih dengan garis tengah kira-kira 3 cm dan mengeluarkan aroma wangi yang menyenangkan dan menenangkan pikiran.

Kandungan dan manfaat melati.

Melati mengandung jasmon, sejenis keton: metil-pentenil-siklopentenon yang enak baunya. Keton ini juga bersifat menyejukkan sampai mampu menurunkan suhu badan yang sedang demam. Selain itu, menenangkan urat saraf bila dipakai untuk mengurut. Ia juga memiliki kandungan kimia indol,benzyl dan livalylacetaat.

Khasiat melati.

1. Demam sakit kepala.

Segenggam daun melati muda, 10 kuntum bunga melati. Dicuci dan diremas. Beri sedikit air sampai menjadi seperti bubur. Borehkan pada kening dan dada sisakit.

2. Menghentikan ASI.

Segenggam bunga melati dicuci, diremas sampai halus. Lalu ditapalkan ke buah dada (jangan terkena puting). Lakukan hal ini setiap pagi dan sore sebelum mandi selama seminggu.

3. Bengkak akibat gigitan/sengatan serangga.

Segenggam bunga atau daun melati dicuci,diremas sampai hancur. Tempelkan pada bagian yang terkena gigit maupun sengatan.

4. Bau badan

30 kuntum bunga melati, dicuci, masukkan kedalam gelas berisi air matang, lalu tutup dengan plastik yang dilubangi kecil-kecil. Embunkan selama semalam. Minum cairan ini setiap pagi selama 5 hari berturut-turut.

5. Jerawat

20 kuntum melati, 2 jari asam kawak dan seibu jari belerang. Semua bahan dicuci bersih lalu ditumbuk jadi satu sampai halus. Peras ambil airnya. Kemudian air perasan tadi di beri 2 sendok makan air jeruk nipis. Gosokkan pada bagian wajah yang berjerawat 2x sehari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar