Laman

22 Februari 2009

ILER

Iler
( Coleus atropurpureus L. )

Tanaman ini biasa juga di sebut dengan istilah Miana, Jawer Kotok, Kentangan, Ati-ati. Yang berkhasiat untuk pengobatan adalah bagian daunnya yang berwarna merah kehitaman. Sedang iler yang daunnya berwarna-warni tidak berkhasiat untuk pengobatan,sekedar untuk tanaman hias saja.
Bentuk daun iler ini bulat meruncing di ujungnya dan di bagian tepinya bergerigi. Tanaman semak ini bisa setinggi orang dewasa. Batangnya segi empat dan lunak sehingga gampang patah. Batang yang patah itu bisa di tancapkan untuk memperoleh tanaman iler yang baru lagi.

Kandungan dan Manfaat Iler.

Daun iler mengandung minyak atsiri antara lain karvakrol yang bersifat antibiotik, eugenol bersifat menghilangkan nyeri, etil salisilat menghambat iritasi. Selain itu iler juga mengandung sedikit lendir.

Khasiat iler untuk pengobatan.

Sakit Mata Merah

Untuk obat minum : 5 helai daun iler di cuci dan di rebus dengan segelas air sampai tinggal setengah. Minum sekali habis.
Untuk obat tempel : Daun iler dicuci bersih, agak diremukkan dengan tangan tapi jangan sampai hancur. Lalu tempelkan ke mata yang sakit.

Luka maupun Borok

Beberapa helai daun iler di cuci bersih kemudian di remas-remas sampai mengeluarkan cairan. Tempelkan kebagian tubuh yang luka atau terkena borok-borok. Ganti tiga kali sehari.

Sembelit

5 helai daun iler di cuci dan direbus dengan segelas air sampai air tinggal setengah. Saring dan campurkan satu sendok makan minyak kacang. Di minum sekaligus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar